Berbagi Metode Penukaran Mata Uang dan Tips Transaksi Pembayaran yang Aman untuk Jemaah Haji

Ekonomi » Mashudi | 12/07/2019 23:23:00 WIB

Selain persiapan spiritual dan fisik yang diperlukan untuk ibadah haji, ada banyak hal lain terkait perjalanan yang perlu disiapkan oleh para jemaah sebelum mereka berangkat ke Tanah Suci.

Salah satunya adalah mempersiapkan mata uang lokal – dalam hal ini, Arab Saudi Riyal (SAR) – dan yang tidak kalah penting, kemampuan untuk bertransaksi dengan aman dan nyaman sesuai dengan kebutuhan mereka selama di Arab Saudi.

Untuk itu, Mastercard membagikan tips dan informasi agar para jemaah haji dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman selama berada di negara tersebut sehingga bisa mendapatkan pengalaman pembayaran terbaik selama perjalanan penting ini.

Meskipun penting untuk membawa uang tunai, namun membawa dalam jumlah yang besar dapat meningkatkan risiko keamanan.

Ketika Anda tiba di Jeddah, Mekah, dan Madinah, Anda dapat dengan mudah menggunakan kartu debit Mastercard Anda untuk melakukan penarikan uang tunai di mesin-mesin ATM berlogo Mastercard yang terletak di bandara dan di seluruh kota.

Di Arab Saudi, ada lebih dari 10.000 ATM yang menerima kartu debit Mastercard, dan banyak dari ATM tersebut menyediakan opsi Bahasa Indonesia sebagai pilihan bahasa bagi para jemaah dari tanah air.

Penarikan tunai di ATM juga dapat memberikan nilai tukar mata uang asing yang lebih baik, dan pastinya lebih aman dibandingkan membawa uang tunai dalam jumlah besar dari negara asal.

Layanan Mastercard® ATM Locator juga dapat membantu Anda menemukan lokasi ATM jaringan Mastercard terdekat. Cukup kunjungi situs web ATM Mastercard® Locator, masukkan lokasi Anda di kolom pencarian, setelah itu Anda akan dapat melihat daftar ATM terdekat. 

Kartu debit Mastercard juga dapat digunakan untuk transaksi di berbagai toko di Tanah Suci karena Mastercard diterima secara global. Pastikan Anda menyimpan kartu Anda di tempat yang aman dan pastikan juga kerahasiaan Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN) Anda terjaga.

Berhati-hatilah saat memasukkan PIN Anda ke ATM atau mesin Electronic Data Capture (EDC), dan pastikan orang lain tidak melihatnya.

Kemudian guna memastikan keamanan kartu Anda, sangat disarankan agar Anda menggunakan PIN yang berbeda untuk masing-masing kartu debit Anda. Jangan menuliskan PIN pada benda yang ditaruh di dalam dompet, maupun pada kartu itu sendiri.

Selain itu, jangan pernah membagikan PIN Anda dengan siapa pun. Jika Anda lupa PIN Anda atau kartu Anda hilang, Anda dihimbau untuk segera melaporkan hal ini pada bank yang menerbitkan kartu Anda. Pastikan Anda memiliki kontak bank tersebut sehingga Anda dapat segera menghubungi mereka.

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum bepergian adalah memastikan bahwa bank Anda memiliki detail kontak terbaru Anda, termasuk nomor ponsel Anda. Jika bank Anda menawarkan layanan SMS atau Mobile Banking, aktifkanlah layanan tersebut sebelum keberangkatan.

Dengan demikian, Anda akan dapat menerima pemberitahuan setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan kartu Mastercard Anda, sekaligus melacak pengeluaran Anda.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar