EnGenius Hadirkan Solusi Jaringan Berbasis Cloud yang untuk UMKM

Saintek » Rizki Romdonnie | 21/08/2019 22:01:00 WIB

EnGenius Networks Singapore Pte Ltd, mengumumkan kehadiran solusi EnGenius Cloud yang menggunakan teknologi komputasi cloud tercanggih yang ditanamkan dalam solusi pengelolaan jaringan nirkabel berbasis cloud pertamanya.

Layanan ini ditujukan bagi perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia, agar para administrator TI dari perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di Indonesia bisa merencanakan dan menjalankan ribuan jaringan canggih hanya dalam hitungan menit.

Model jaringan seperti ini telah diterima secara luas oleh karena kemudahan pengaturan dan skalabilitasnya yang tinggi pada beban kerja yang lebih tinggi. Menurut IDC, penyebaran model jaringan berbasis cloud ini sudah mencapai 26 persen pada 2017.

Layanan cloud dari EnGenius diciptakan supaya pengadopsian digital semakin mudah dan terjangkau. Solusi ini dibangun di atas solusi cloud sejati – fondasinya adalah teknologi komputasi cloud paling canggih yang sudah terkenal di industri, yang beroperasi tanpa server (serverless) dengan desain Function-as-a-Service (FaaS), yang bekerja dalam hitungan mikrodetik dan menawarkan skalabilitas yang tinggi.

Menariknya, solusi ini juga sudah siap mendukung AI sehingga infrastruktur komputasi cloud yang kuat dan dinamis ini tak terbatas pada perangkat yang dikelola per lokasi.

Bahkan kinerjanya dapat diandalkan, meskipun sudah mencapai jumlah perangkat maksimum. Sehingga solusi ini mampu mengontrol dan memonitor sampai 100.000 perangkat access point dan switch secara bersamaan, hanya dengan satu akun saja.

EnGenius Cloud memiliki tingkat keamanan berlapis. Perangkat pengelolaan jaringan dipisahkan menggunakan tunnel yang dilindungi dengan otentifikasi dua faktor (two-factor authentication - TFA) untuk keamanan data pelanggan.

"EnGenius Cloud telah membuat perusahaan kami berada di posisi terdepan dalam persaingan dan melengkapi solusi pengelolaan jaringan kami," kata Lawrence Lim, Regional GM, APAC & Middle East, EnGenius Networks (S) Pte Ltd dalam jumpa pers di Jakarta hari Rabu (21/8/2019).

Lawrence Lim menyatakan, solusi EnGenius Cloud yang sudah lama ditunggu-tunggu adalah pondasi yang kita butuhkan untuk melanjutkan pengembangan pengelolaan jaringan nirkabel bagi perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia.

EnGenius tidak hanya mendesain solusi cloud generasi terbaru yang secara inheren sangat scalable, tapi EnGenius juga memperkenalkan fitur dan tool visual terbaru yang didukung teknologi AI, untuk menyongsong pengembangan cloud masa depan.

Fitur Advisory berbasis AI di EnGenius Cloud akan mendiagnosis jaringan, menunjukkan masalah yang terjadi dan menyediakan panduan bagi administrator jaringan untuk mengambil keputusan yang potensial. EnGenius juga mengintegrasikan tool pemenang penghargaan yaitu ezWifi Planner, untuk lebih melengkapi solusi cloud dengan perancangan Wi-Fi real-time.

EnGenius melangkah lebih jauh dengan penawaran unik berupa Multi-Tenant dan Topology View, yaitu fitur di mana administrator jaringan bisa mengatur onsite privileges yang berbeda-beda menurut user dan lokasi, dan secara otomatis memetakan penyebaran jaringan dan menampilkan koneksi perangkat, saat mereka sedang mobile.

Solusi cloud EnGenius yang canggih ini sudah compatible dengan access point 11ax dan 11ac generasi terbaru dan gigabit switch.

EnGenius Cloud menawarkan akses 24/7 ke visual tool yang komprehensif, yang menyajikan tampilan terbaik dari jaringan EnGenius, hingga pemahaman mendetail untuk troubleshooting yang lebih menyeluruh.

Dengan menyederhanakan proses troubleshooting, pengelolaan beberapa lokasi dari jarak jauh dan pembaruan firmware dan keamanan, EnGenius Cloud terbaru ini akan mengurangi kunjungan teknisi dan membawa manajemen jaringan WiFi yang canggih dan site survey tools, kepada perusahaan-perusahaan skala kecil dan menengah di Indonesia.

(rr)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar