Taiwan Optimis Tingkatkan Penjualan di TIBS 2020

Ekonomi » Mashudi | 13/12/2019 06:12:00 WIB

Perhelatan Taiwan International Boat Show (TIBS) akan kembali digelar pada 12-15 Maret 2020 di Kaohsiung Exhibition Center, Taiwan.

TIBS 2020 akan diselenggarakan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), dibawah pengawasan dari Bureau of Foreign Trade (BOFT), Ministry of Economic Affairs (MOEA) of Taiwan dan Pemerintah Kota Kaohsiung, serta didukung oleh Taiwan Yacht Industry Association (TYIA) dan Taiwan International Ports Corp., Ltd (TIPC).

TIBS 2020 akan menghadirkan 7 area exhibition, seperti Yachts & Boats, Spare Parts & Accessories, Maritime Services, Outdoor Leisure Product, International Pavillion, Luxury Corner, dan yang terbaru adalah Diving & Fishing Equipment.

Ditemui dalam acara Press Conference: Taiwan International Boat Show 2020 pada Kamis (12/12/2019) di Jakarta, Danny J.S. Liao selaku Director Taiwan Trade Center Jakarta menyampaikan rasa optimisnya jika total penjualan kepada buyer dari Indonesia di TIBS 2020 dapat meningkat 10 kali lipat menjadi sekitar 80-an unit kapal, jika dibandingkan total 8 unit kapal yang terjual kepada buyer dari Indonesia di TIBS 2018.

Menurut data statistik Taiwan International Boat Show 2018 yang dirilis oleh TAITRA, TIBS 2018 dihadiri oleh sekitar 20,821 pengunjung, dimana 726 pengunjung berasal dari mancanegara, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Singapura, dan Indonesia. Menurut TAITRA, total penjualan kapal pada TIBS edisi ketiga tersebut adalah sekitar 13 unit kapal.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Head of Overseas Cooperation Division, Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), Suyono mengatakan jika kapal-kapal Taiwan memiliki kualitas yang bagus, serta harga yang kompetitif.

“Kapal-kapal Taiwan telah terjual ke Amerika, Kanada, Swedia, Tiongkok, Thailand, Australia, dan Selandia Baru. Hal tersebut menunjukkan jika kapal Taiwan memiliki kualitas nomor satu”, kata dia.

Menurut Suyono, total penjualan 8 unit kapal di TIBS 2018 itu terlalu sedikit. Seharusnya, kata Dia, total penjualan kapal Taiwan berada di kisaran 60-80 unit kapal.

“Kami akan mendukung anda (Taiwan- Red), apapun yang anda butuhkan untuk menjual kapal-kapal anda kepada buyer dari Indonesia”, kata Suyono.

Untuk menggenjot total penjualan kapal Taiwan kepada buyer Indonesia di TIBS 2020, Project Manager Taiwan Trade Center Jakarta, Novi mengatakan jika TAITRA telah menyediakan subsidi berupa akomodasi Hotel di Kaohsiung, Taiwan selama 4 malam.

Sebagai informasi, menurut data Mega Yacht’s Order 2018 yang dimiliki TAITRA, Taiwan menempati peringkat 4 secara global dalam industri yacht (dibawah Italia, Belanda, dan Turki), sekaligus menempati peringkat 1 di kawasan Asia.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar