Red Hat Rilis Versi Terbaru Red Hat Enterprise Linux 8.1

Saintek » M. Ramdani | 20/12/2019 06:29:00 WIB

Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan ketersediaan umum dari Red Hat Enterprise Linux 8.1, versi terbaru dari platform Linux enterprise terkemuka di dunia.

Rilis terbaru ini sebagai rilis minor pertama dari platform Red Hat Enterprise Linux 8, Red Hat Enterprise Linux 8.1 meningkatkan pengelolaan, keamanan dan kinerja sistem operasi yang mendukung cloud hybrid terbuka sekaligus menambahkan kemampuan baru untuk mendorong inovasi pengembang.

Stefanie Chiras, Vice President dan General Manager, Red Hat Enterprise Linux, Red Hat mengatakan, Red Hat Enterprise Linux 8.1 terus melakukan pengembangan berdasarkan visi ini bagi para pelanggan dan mitra kami seperti Microsoft dan SAP.

Disamping itu juga, lanjut Chiras, menyempurnakan kecerdasan, otomatisasi, dan peningkatan keamanan yang dibutuhkan oleh tim-tim TI untuk menghadirkan beban kerja produksi di cloud hybrid sambil tetap membantu mendorong inovasi pengembangan aplikasi.

Red Hat Enterprise Linux 8.1 adalah rilis Red Hat Enterprise Linux pertama yang memiliki jadwal rilis yang dapat diprediksi yang diumumkan pada Red Hat Summit 2019, dengan rilis minor yang tersedia setiap enam bulan.

Jadwal ini memberikan pelanggan dan mitra Red Hat kapasitas untuk mempersiapkan rilis baru secara terencana sambil meminimalkan pemadaman yang tidak direncanakan dan downtime dari sistem-sistem kritis.

Siklus rilis yang dapat diprediksi juga memungkinkan mitra-mitra Red Hat, mulai dari penyedia software hingga vendor hardware, untuk mengembangkan dan menghadirkan penawaran inovatif generasi berikutnya dengan jadwal yang jelas sehubungan dengan rilis baru Red Hat Enterprise Linux 8 yang akan tersedia.

Red Hat Enterprise Linux 8.1 juga menambahkan Red Hat Enterprise Linux System Roles baru, yang merampingkan proses pengaturan subsistem Red Hat Enterprise Linux untuk menangani fungsi tertentu, seperti penyimpanan, jaringan, sinkronisasi waktu, kdump dan SElinux.

Hal ini memperluas koleksi system role Ansible yang ada untuk Red Hat Enterprise Linux 8 sehingga dapat melengkapi otomatisasi konfigurasi secara lebih baik di berbagai versi Red Hat Enterprise Linux yang dikerahkan sebagai penopang infrastruktur TI enterprise.

Red Hat Enterprise Linux 8.1 melanjutkan komitmen Red Hat untuk menghadirkan inovasi terbuka yang dipadukan dengan peningkatan keamanan software yang diperlukan untuk melindungi data dan beban kerja yang sensitif.

Red Hat Enterprise Linux 8.1 menambahkan dukungan penuh untuk live kernel patching untuk membantu tim operasi TI mengimbangi lanskap ancaman yang terus berubah tanpa menimbulkan downtime yang berlebihan pada sistem.

Pembaruan kernel kini dapat diterapkan untuk memulihkan Critical or Important Common Vulnerabilities and Exposures (CVE) sekaligus mengurangi kebutuhan untuk system reboot sehingga membantu menjaga beban kerja kritis agar berjalan secara lebih aman.

Peningkatan keamanan tambahan termasuk perbaikan CVE yang disempurnakan, perlindungan memori tingkat kernel dan teknologi application whitelisting.

Profil SELinux yang berpusat pada container disertakan dalam Red Hat Enterprise Linux 8.1 sehingga memungkinkan untuk membuat kebijakan keamanan yang lebih khusus untuk mengontrol bagaimana layanan containerized mengakses sumber daya sistem host.

Hal ini mempermudah untuk memperkeras sistem produksi terhadap ancaman keamanan yang menargetkan aplikasi cloud-native dan menyediakan cara yang lebih ramping untuk mempertahankan kepatuhan terhadap peraturan dengan mengurangi risiko menjalankan container khusus.

Sebagai landasan dari beban kerja yang sensitif dan mission-critical, Red Hat Enterprise Linux 8.1 telah dirancang bagi banyak sertifikasi keamanan terbaru termasuk Federal Information Processing Standards (FIPS) dan Common Criteria (CC).

Ketersediaan

Red Hat Enterprise Linux 8.1 kini tersedia bagi pelanggan aktif Red Hat Enterprise Linux melalui Red Hat Customer Portal. Anggota program Red Hat Developer juga dapat memperoleh rilis terbaru Red Hat Enterprise Linux tanpa biaya.

(rr)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar