Tingkatkan Minat Matematika, Sinarmas World Academy Rayakan Hari Pi(𝝿)

Gaya Hidup » Mashudi | 13/03/2020 06:19:00 WIB

Siswa dan siswi dari Sinarmas World Academy (SWA) mengadakan kegiatan bertema matematika sebagai acara perayaan tahunan konstanta matematika hari Pi(𝝿) Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 14 Maret.

Perayaan Hari Pi(𝝿) yang telah diselenggarakan sejak 2016 di SWA menjadi sangat spesial, karena rangkaian acara bukan hanya berhubungan dengan hitungan dan rumus matematika, kegiatan menarik dan seru ikut mewarnai rangkaian acara, seperti: The Git Up Line Dance Competition, Math Sprint, Nim Toothpick Game dan SWA’s Pi Digit Memoriser. 

“Pada dasarnya, semua ilmu mengandung unsur matematika, sayangnya banyak yang beranggapan matematika itu susah dan membosankan tanpa mengetahui sisi serunya. Melalui kegiatan ini, kami harapkan makin banyak yang tertarik dan bisa menikmati serunya dunia matematika,” jelas William Kim, siswa kelas 11, selaku penyelenggara kegiatan Perayaan Hari Pi(𝝿) di SWA.

Menurut OECD Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018, mengatakan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia termasuk rendah di dunia, dengan peringkat 75 dari 81 negara.

Sehubungan dengan hal tersebut, sekolah SWA berupaya untuk meningkatkan kemampuan muridnya. Salah satunya melalui kurikulum yang mengajarkan bukan hanya konsep dan teori, tapi juga penerapan dan pengaplikasian ilmu. Siswa diajak untuk melihat pelajaran dari perspektif yang berbeda.

“Saat siswa melihat fungsi nyata dari ilmu yang mereka pelajari di sekolah, maka mereka akan lebih termotivasi untuk belajar. Kita mengharapkan generasi bawah untuk dapat belajar dengan tujuan, bukan semata-mata hanya untuk nilai,” tegas Hayden, selaku guru pembimbing SWA. 

Hal yang sama dirasakan oleh David Shane Goh, siswa SWA kelas 9, peraih 3 Medali Emas dan Piala Kejuaraan Keseluruhan di Olimpiade Matematika Remaja Internasional (ITMO) 2019 mengatakan bahwa, lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan keseruan bersama teman dan guru dalam belajar matematika memberikan dia motivasi lebih.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar