Maybank Lanjutkan Program RISE 2.0 di Jakarta

Ekonomi » Mashudi | 16/03/2020 09:13:00 WIB

PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) bersama Maybank Foundation kembali melanjutkan program pemberdayaan ekonomi bagi penyandang disabilitas dan komunitas marjinal bernama RISE (Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship) 2.0 di Jakarta.

Pelatihan RISE 2.0 Level Basic ini juga dihadiri oleh Kasubdit Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Herwijati Anita Miranda Prajitno dan manajemen Maybank Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung di Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budi Bhakti, Jakarta Barat dengan total peserta sebanyak 70 peserta dari berbagai latar belakang usaha seperti penjahit, penjual makanan, toko kelontong, servis elektronik, laundry, kerajinan tangan serta peserta yang mempunyai rencana membuka usaha. Program pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 11-12 Maret 2020.

Program RISE 2.0 Level Basic akan dilaksanakan di 25 kota di Indonesia dan menargetkan sebanyak 4.780 peserta. Pelatihan level Basic ini bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak para peserta dari daerah pedalaman, meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk siap memulai dan mengembangkan usaha termasuk keterampilan menjual dan memasarkan produk.

Selain itu juga meningkatkan pemahaman mereka terkait pengelolaan keuangan serta mengenalkan para peserta kepada mereka produk dan layanan perbankan.

Materi pelatihan RISE 2.0 menghadirkan pembekalan berupa perubahan pola pikir (mindset), strategi pengembangan usaha dan pemasaran serta pengelolaan keuangan.

Di sampng itu, RISE 2.0 juga hadir dalam 3 (tiga) tingkatan pelatihan, yakni Level Basic, Standard dan Premium dengan perbedaan pada kedalaman materi pelatihan, pendampingan (mentoring) dan durasinya.

Untuk level Basic, peserta akan diberikan pengenalan dasar program kewirausahaan, sementara untuk level Standard dan Premium, peserta juga akan mendapatkan pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi dan pengetahuan digital guna menunjang pengembangan usaha para peserta di era disrupsi dan industri 4.0 masa kini.

Selain itu, untuk level Standard dan Premium, disediakan program pendampingan yang terstruktur dimana untuk level Standard peserta akan mendapatkan program mentoring dan coaching selama enam bulan, sedangkan untuk Premium dengan durasi 12 bulan.

Selama program mentoring para peserta akan didampingi oleh mentor secara personal dengan metode face-to-face mentoring dan telephone mentoring guna memantau dan memacu peserta dalam meningkatkan pendapatan dan kapasitas usahanya. 

Pelaksanaan program RISE 2.0 tahun 2020 hingga 2023 akan menargetkan lebih banyak komunitas penyandang disabilitas dan komunitas marjinal di berbagai wilayah di Indonesia dengan total peserta (Level Basic, Standard & Premium) sekitar 7.350 peserta.

CEO Maybank Foundation, Shahril Azuar Jimin, mengatakan, pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility (CR) Maybank Indonesia. Melalui program RISE, Maybank Group turut mendukung upaya membangun komunitas yang mandiri, dengan menjangkau lebih banyak penerima manfaat dan berdampak positif bagi masyarakat, selaras dengan misi humanising financial services.

Ditambahkan Head, Corporate & Brand Communication, Esti Nugraheni mengatakan, Maybank Indonesia melanjutkan komitmen untuk memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, meningkatkan percaya diri, keterampilan hingga kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE 2.0.

“Kami berharap program ini dapat membangun sekaligus meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM dan menciptakan komunitas yang mandiri sehingga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitarnya,” ujar Esti.

Dengan peningkatan kapabilitas usaha, para penyandang disabilitas bukan hanya dapat mendorong kemandirian dan kemampuan berwirausaha namun juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi sesama komunitas penyandang disabilitas yang juga akan mendorong dan menciptakan motivasi usaha bagi masyarakat marjinal di sekitarnya sehingga dapat memberikan multiplier effect.

Dalam pelaksanaan program ini, Maybank Indonesia dan Maybank Foundation menjalin kemitraan dengan People Systems Consultancy.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar