Max Verstappen Berhasil Meraih Podium Keenam di Musim Balap F1 2020

Gaya Hidup » Mashudi | 01/09/2020 08:00:00 WIB

Max Verstappen melanjutkan raihan finis podiumnya dengan meraih tempat ketiga di balap F1 Grand Prix Belgia hari Minggu lalu sehingga ia berhasil mencatatkan podium keenamnya secara berturut-turut di musim balap F1 2020.

 

Tim Aston Martin Red Bull Racing memulai balapan dimana Max menggunakan pilihan ban sedang dari posisi ketiga sementara Alex Albon menggunakan pilihan ban lunak dari posisi kelima. Pada awal lomba, Max mampu mempertahankan posisinya dari Daniel Ricciardo, sementara Alex harus turun satu tingkat ke urutan keenam.

 

Sementara Scuderia AlphaTauri memulai balapan dengan start yang baik dimana Pierre Gasly membuat peningkatan dari posisi startnya yaitu posisi ke-12 untuk melaju ke posisi 8. Safety Car keluar dari lap 11 hingga lap 15 untuk membersihkan trek,  hampir semua pembalap memutuskan untuk masuk pit mengganti ban. Pierre Gasly memutuskan untuk bertahan di trek selama periode Safety Car.

 

Pierre lalu naik ke urutan keempat, dengan Max mempertahankan tempat ketiga dan Alex berada jauh di belakang. Daniil juga mengganti ban keras dan melaju di sepuluh besar hampir sepanjang balapan.

 

Max terus menekan Valtteri Bottas selama beberapa lap setelah balapan dimulai kembali, tetapi ia harus fokus pada bannya pada tahap-tahap terakhir dan menetap di posisi ketiga. Alex menyudahi balapan di posisi keenam dan tetap memberikan tambahan perolehan poin yang solid untuk tim nya.

 

Pierre berhenti karena menggunakan ban medium dengan 17 lap tersisa dan bergabung kembali di posisi ke-16 dan berhasil melaju dengan cepat ke posisi sepuluh besar sehingga dia diberi penghargaan resmi "Driver of the Day". Daniil membiarkan Pierre melewatinya diposisi kesepuluh pada lap 36, sehingga pembalap asal Perancis itu berhasil mengamankan posisi kedelapan dan mendapatkan tambahan 2 poin.

 

Dengan tiga dari empat mobil bertenaga Honda mendapatkan poin, Honda sekarang akan fokus ke tantangan lainnya di Monza akhir pekan depan.

 

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan, dengan hasil finis di posisi ketiga yang dipersembahkan Max, berarti Honda sudah memiliki enam podium berturut-turut musim ini. Alex menjalani balapan yang sulit tetapi ia tetap berhasil mendapatkan poin.

 

“Pierre adalah satu-satunya pembalap yang menggunakan ban keras dan kami merasa dia bisa mendapatkan posisi yang lebih baik, tetapi Safety Car datang pada waktu yang salah saat ia ingin menjalankan strateginya. Dia dianugerahi,” ujar Toyoharu Tanabe.

 

"Drive of the Day" yang memang pantas didapat. Daniil kembali berpacu dengan kuat tetapi sayang tidak mendapatkan poin. Di Monza nanti akan menjadi balapan pertama dengan aturan baru terkait dengan pembatasan mode power unit dan kami telah melakukan simulasi untuk persiapan sebaik mungkin.”

 

Pasca balap F1 Grand Prix Belgia, tim Aston Martin Red Bull Racing masih berada di posisi kedua dengan total perolehan 158 poin. Sedangkan Scuderia AlphaTauri masih di posisi ketujuh dengan 20 poin.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar