Jelang Musim Hujan, Inilah Tips Persiapan Kendaraan

Ekonomi » Mashudi | 27/09/2020 10:41:00 WIB

Saat ini sedang masa peralihan dari musim panas ke musim hujan. AutoFamily bisa mempersiapkan kondisi mobil beserta pendukungnya, karena kadang lupa dan baru terpikirkan saat dibutuhkan atau terkena masalah.

 

Tentunya supaya tidak menyulitkan, berikut daftar persiapan yang harus dilakukan ketika memasuki musim hujan.

 

1. Persiapan Mobil

Yang pertama adalah periksa karet wiper. Kalau sampai bermasalah, AutoFamily tidak bisa melihat dengan baik sehingga sangat berbahaya. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta juga wajib mengecek wiper belakang. Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati.

 

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Jangan tunggu bermasalah, cek kondisi aki mobil apakah masih layak pakai atau tidak.

Potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

 

Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

 

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

 

2. Persiapan Diri

Lama tidak pakai, AutoFamily mungkin menurunkan payung dari dalam mobil. Cek tempat biasa meletakkan payung dan pastikan bisa berfungsi dengan baik. Siapkan sandal plastik untuk dipakai keluar masuk mobil seperti ketika di pom bensin sehingga tidak perlu pakai sepatu pantofel apalagi high heel yang menyulitkan. Terlihat sepele, tidak ada salahnya AutoFamily menyiapkan minimal kaos untuk jaga-jaga bila kehujanan saat mau masuk mobil.

 

Promo Auto2000 Persiapan Musim Hujan

AutoFamily bisa memberikan kepercayaan pada bengkel Auto2000 untuk memeriksa kondisi mobil sebagai persiapan musim hujan. Caranya mudah, tinggal buka Auto2000 Digiroom The First Toyota Showroom in Your Pocket dan lakukan booking servis berkala. Saat servis berkala, seluruh komponen di atas akan diperiksa dengan seksama oleh teknisi Auto2000. Selain berkunjung ke bengkel, AutoFamily bisa memilih layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah.

 

Tidak hanya servis berkala, Auto2000 juga melayani AutoFamily yang ingin melakukan perbaikan kendaraan jelang musim hujan. Bahkan saat ini ada 2 pilihan program promo aftersales. Yang pertama adalah Promo PERKASA (Perbaikan Kopling, Aki, dan Shock Absorber) yang memberikan potongan harga jasa sebesar 30% dan diskon part sebesar 15% untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber. Masa berlaku promo PERKASA hingga 30 September 2020.

 

Program kedua adalah Paket SPONTAN (Siaga Kupon Perawatan) hingga 30 September 2020. Paket SPONTAN berlaku khusus untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota free service atau odometer di atas 50.000 km sehingga tetap dapat memanfaatkan servis berkala dengan biaya spesial yang mudah dan ringan. Untuk 20 pembeli pertama Paket SPONTAN akan memperoleh die cast THS – Auto2000 Home Service secara gratis.

 

“Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu AutoFamily yang ingin memeriksa kondisi mobilnya jelang musim hujan dengan melakukan servis berkala. Tidak hanya itu, Auto2000 juga menyiapkan 2 program promo yakni PERKASA dan SPONTAN. Segera kunjungi website Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Minggu (27/9/2020).

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar