Taiwan Expo 2020 Online di Indonesia Siap Dimulai

Ekonomi » Mashudi | 14/10/2020 20:18:00 WIB

Taiwan Expo 2020 Online di Indonesia ditayangkan hari Rabu (14/10), setelah Taiwan Expo 2020 Online di Vietnam menetapkan tonggak baru dalam pameran online pada minggu lalu.

Pameran tersebut menjawab rencana pembangunan Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan 100 kota pintar (Smart City), membangun poros samudra dan melengkapi Industri 4.0 dan industry perdagangan, industri kesehatan, industry e-commerce, lifestyle, halal Taiwan, pariwisata dan budaya sebagai enam tema utama dalam pameran ini.

Dengan total 132 peserta pameran dan lebih dari 300 buyer yang melakukan Online face-to-face dengan perusahaan Taiwan, bertujuan untuk meningkatkan peluang bisnis industri dan pasar permintaan domestik yang besar di Indonesia.

Grand Opening Pameran Taiwan Expo 2020 Online di Indonesia menghadirkan pembicara dari Taiwan dan Indonesia untuk membahas praktik transformasi digital dan peluang bisnis yang dihadapi perusahaan di era pasca-epidemi.

Pembicara yang berpartisipasi dalam dialog tersebut adalah Chairman of Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) - James Huang, Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil, Pendiri EZTABLE - Alex Chen, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS) - Soegiharto Santoso dan pembicara lainnya.

James Huang menyebutkan bahwa meskipun wabah Covid-19 telah membawa dampak negatif pada perekonomian, namun juga membawa peluang industri baru. Industri seperti smart applications, data berkapasitas besar, artificial intelligence, cloud computing dan 5G mulai berkembang di era epidemi.

“Pembangunan dan transformasi digital bukan hanya sebuah pilihan tetapi juga suatu keharusan bagi perusahaan. Namun, perusahaan harus terlebih dahulu mempertimbangkan bagaimana berintegrasi dengan produk dan layanan yang ada selama transformasi digital dan mencari solusi baru melalui transformasi digital untuk meningkatkan nilai tambah,” kata dia.

Hiramsyah Sambudhy Thaib selaku Presiden Direktur Gobel International, perusahaan yang sudah 60 tahun lebih menjadi lokal partner Panasonic menuturkan bahwa selama pandemi ini Gobel International sangat menjaga kesehatan karyawan mereka, mengikuti prosedur protokol WHO dan pemerintah Indonesia dalam menerapkan alat outbreak respond, tracing dan symptoms tracking.

Aktivitas pabrik pun tidak terlalu berpengaruh karena mengatur karyawan sedemikian rupa untuk taat pada protokol yang ada.

Menanggapi tantangan transformasi digital saat pandemi, beliau menuturkan bahwa klasifikasi umur orang Indonesia 45% nya adalah dibawah 25 tahun, Indonesia juga merupakan peringkat ke-6 di dunia dalam penggunaan smart-phone, hal-hal seperti ini adalah segi positif dari perkembangan digital transformasi di Indonesia.

Hiramsyah menyatakan bahwa Indonesia dalam masa transformasi proses ke arah digital, dimana 5 tahun ke depan di prediksi Indonesia akan lebih fully automize.

“Semoga setelah Taiwan Expo 2020 lebih banyak lagi perusahaan Taiwan yang memperluas bisnis mereka dan mampu mempererat hubungan antara Taiwan dan Indonesia,” tambahnya.

Gobel International sudah dalam jangka panjang menggeluti dunia IT, IOT dan proyek smart-city dalam 3 tahun terakhir ini. Gobel International masih membuka pintu untuk kerjasama lainnya. “Kami selalu melihat kemungkinan kerjasama yang ada,” imbuh Hiramsyah.

Baru-baru ini, pemerintah Indonesia sangat antusias untuk mempromosikan proyek smart city dan industri 4.0, dan solusi digital serta komponen utama yang digunakan dalam proyek tersebut merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Taiwan.

Hal itu juga merupakan ekspor terbesar dari Taiwan ke Indonesia. Oleh karena itu Taiwan dan Indonesia harus menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat untuk saling membantu hubungan bisnis antara kedua negara.

Taiwan Expo 2020 merupakan mahakarya transformasi digital dari TAITRA. Melalui teknologi digital, TAITRA dapat membuat layanan marketing berbasis cloud. Selain mengurangi waktu, biaya dan pengeluaran perusahaan untuk perjalanan pameran, itu juga mengurangi pengeluaran dalam promosi penjualan.

Kesulitan dari situasi ini telah menguntungkan lebih banyak usaha kecil dan menengah Taiwan. Dalam situasi Covid-19 yang parah saat ini, mereka dapat terus melayani keperluan bisnis dalam negeri.

Taiwan Expo diselenggarakan oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), serta didukung oleh Biro Pariwisata Kementerian Perhubungan (Tourism Bureau, M.O.T.C.), Asosiasi Kebudayaan Cina (The General Assembly of Chinese Culture),

Kemudian Kadin Indonesia Komite Taiwan, Indonesia Taiwan Chambers of Commerce, Taiwan Business Club Bandung, Jakarta Overseas Chinese Committe, Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), GAKESLAB, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia, Asosiasi Makanan & Minuman Indonesia (GAPMMI) dan Asosiasi Industri Perlampuan Listrik Indonesia (APERLINDO).

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar