F5 Rilis Solusi Berbasis AI untuk Menangkal Penipuan

Saintek » Mashudi | 19/10/2020 20:41:00 WIB

F5 (NASDAQ: FFIV) hari ini memperkenalkan Shape AI Fraud Engine (SAFE), solusi SaaS terbaru yang mencegah transaksi penipuan online yang lolos dari alat deteksi yang ada.

Dengan kemampuannya yang terkenal di industri, SAFE memanfaatkan mesin AI yang tangguh untuk menganalisa setiap transaksi online di beberapa jenis telemetri, lingkungan dan sinyal perilaku, sehingga secara akurat memahami niat pengguna dan memblokir penipuan sebelum penipuan itu terjadi.

Tool pendeteksi penipuan yang lama biasanya mengandalkan sinyal data yang lemah dan aturan yang kaku untuk menangkap pelaku penipuan yang semakin pintar. Seringkali tool tersebut gagal memahami niat pengguna – entah niat baik atau buruk – dan justru membebani pengguna yang baik untuk membuktikan keabsahan mereka melalui berbagai proses yang merepotkan seperti otentikasi multi-faktor (MFA).

Dampaknya, pengalaman yang tidak menyenangkan bagi pengguna, juga kerugian finansial dan rasa frustasi ketika penipu lolos karena jebolnya pertahanan.

Sebaliknya, SAFE adalah solusi berbasis AI yang fully managed, untuk menghentikan penipuan, dan melakukan pertahanan secara real time, dengan tingkat pengurangan friksi hingga 90 persen bagi pengguna yang baik.

Sebagai layanan yang fully managed untuk mendeteksi dan memblokir ancaman yang terus berubah, SAFE melindungi aplikasi modern maupun yang lama, membantu perusahaan mempercepat upaya digital dan mengurangi beban kerja yang terlampau banyak bagi tim yang menangani penipuan.

Dampak dari Penipuan Modern

Bisnis membutuhkan pendekatan yang benar-benar baru untuk melawan penipuan online. Banyak perusahaan yang merugi sampai puluhan juta dolar setiap tahunnya gara-gara penipuan online, walaupun mereka sudah memiliki tool pencegah penipuan yang cukup lengkap.

Juniper Research memperkirakan kerugian akibat penipuan – dari pemohon baru dan penipuan akun, pencurian akun, penipuan program loyalty dan penipuan pembayaran digital – akan mencapai lebih dari US$48 miliar hingga 2023.

Sumit Agarwal, Vice President, Analytic Products F5, dan co-founder Shape menyatakan, inovasi untuk mencegah penipuan semakin dibutuhkan dan mendesak, saat kita melihat ada peralihan cepat ke channel online yang didorong oleh situasi kesehatan global saat ini.

“Kami melihat penipu meluncurkan serangan yang semakin canggih dengan memanfaatkan perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 dan kesulitan ekonomi secara keseluruhan,” tambahnya.

SAFE menjawab tantangan industri saat ini dengan beberapa cara:

o  Menghentikan penipuan dengan lebih cepat: SAFE mengidentifikasi transaksi palsu di sepanjang aktivitas pengguna, mulai dari saat pembuatan akun baru dan login hingga checkout, mengirim pembayaran dan aktivitas lain. Berbekal teknologi AI, SAFE secara akurat mendeteksi dan memblokir niat yang berbahaya, dan memiliki kecerdasan untuk membantu aplikasi melakukan scaling dan mengadaptasi kinerja, keamanan, dan layanan penting lainnya sesuai kebutuhan. SAFE umumnya mengidentifikasi dua kali lebih banyak penipuan per bulan dibandingkan dengan tool pendeteksi penipuan lain. Bank besar North American telah mendeteksi penipuan pengambilalihan akun 250% lebih besar dalam 60 hari berkat adanya SAFE di perangkat mereka. Ini mencegah kerugian tambahan sebesar US$10 juta pertahun.

o  Mengurangi friksi pelanggan yang sesungguhnya: Kekhawatiran pada terjadinya penipuan telah membuat organisasi dan pemilik aplikasi menciptakan friksi dengan pengguna yang baik, sebab tool pendeteksi penipuan mereka kurang akurat membedakan pelanggan yang sesungguhnya dengan penipu. Dengan kombinasi telemetri milik sendiri dan AI yang canggih, SAFE secara signifikan mengurangi friksi dengan pengguna sesungguhnya, lalu melonggarkan MFA bagi pengguna yang sudah dikenal baik

o  Meningkatkan efektivitas tim yang menangani penipuan: SAFE secara aktif memblok penipu tanpa harus membuat tim menulis aturan baru atau mempertahankan aturan yang ada. Kemampuan ini tersedia sebagai layanan yang fully managed dan pakar antipenipuan dari Shape melakukan penyetelan secara terus-menerus. Selain itu, dengan menghentikan penipu di lingkungan aplikasi, SAFE mengurangi waktu dan sumber daya tim pemberantas penipuan yang tersedot saat melakukan penyelidikan manual. Untuk satu pelanggan, SAFE menemukan 67% kasus penipuan lebih mudah dicegah daripada diinvestigasi. Untuk yang lain, SAFE telah mengidentifikasi 33.000 transaksi berbahaya dalam periode enam minggu yang dapat diblokir alih-alih diselidiki. 

Memanfaatkan Kekuatan Shape Network

Pemilik aplikasi menghadapi dua sumber utama penipuan online, yaitu: bots dan bentuk lain dari otomasi berbahaya dan abusif, serta manusia yang punya niat buruk. Dengan machine learning, Shape dapat membedakan antara trafik otomatis (bots) dan manusia, serta trafik berbahaya dengan trafik yang aman, serta memberikan pertahanan yang dinamis untuk mencegah penipuan dan penyalahgunaan, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna.

SAFE memanfaatkan informasi analitik yang didapatkan dari pertahanan aplikasi-aplikasi besar dan yang paling sering diserang di dunia, sehingga secara akurat mengidentifikasi dan menghentikan upaya penipuan secara real time.

SAFE adalah bagian dari satu set solusi komprehensif dari F5, yang dengan bantuan AI dapat membantu aplikasi modern melindungi diri.

Aplikasi adaptif saat ini tumbuh, mengecil, bertahan dan memperbaiki dirinya sendiri berdasarkan lingkungan tempat mereka berada dan bagaimana mereka digunakan. Sehingga dengan demikian organisasi dapat meningkatkan pendapatan mereka, mengurangi biaya, memperbaiki operasi dan melindungi pengguna dengan lebih baik.

Ketersediaan

Shape AI Fraud Engine saat ini sudah tersedia. Silahkan hubungi kantor penjualan F5 setempat atau kunjungi ShapeSecurity.com untuk produk lainnya dan informasi ketersediaan layanan.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Komentar

Kirim Komentar