CIMB Niaga Memenangi Red Hat APAC Innovation Awards 2020 untuk Indonesia

Saintek » Mashudi | 22/10/2020 20:49:00 WIB

Red Hat, Inc., hari ini mengumumkan pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2020 untuk Indonesia. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memenangi penghargaan itu dan penyerahannya dilakukan di event Red Hat Forum Asia Pacific 2020 hari ini. CIMB Niaga mendapat pengakuan atas penggunaan yang luar biasa dan inovatif dari berbagai solusi Red Hat.

Sebagai respons atas peristiwa global yang menyebabkan pergeseran konsumen, sehingga mereka harus beradaptasi dengan situasi normal baru, banyak organisasi/perusahaan yang mengakselerasi upaya transformasi digital mereka.

Pada November 2019 studi yang disponsori oleh Red Hat, mendapati bahwa 95 persen kalangan eksekutif di APAC berpandangan bahwa transformasi digital semakin penting dan telah dianggap sebagai sebuah strategi untuk bertahan dan bertumbuh di masa new normal.

Hal ini telah meningkatkan kebutuhan akan teknologi-teknologi yang inovatif untuk menciptakan bisnis model, produk, dan layanan baru.

Karena tidak pernah ada blueprint tunggal untuk transformasi digital, Red Hat Forum Asia Pacific tahun ini berupaya menginspirasi organisasi dan perusahaan-perusahaan untuk menggali kekuatan teknologi open source untuk mencapai tujuan jangka pendek mereka dan menciptakan bisnis yang tangguh di masa depan di era next normal.

Untuk mendukung hal itu, Red Hat APAC Innovation Awards 2020 memberikan pengakuan pada pencapaian teknologi perusahaan-perusahaan yang menunjukkan pemikiran yang kreatif, memecahkan masalah dengan gigih, dan menggunakan solusi Red Hat secara kreatif untuk membuat perbedaan dalam bisnis, industri, atau masyarakat mereka.

Para pemenang dipilih berdasarkan dampak penerapan solusi Red Hat terhadap tujuan bisnis, industri, dan komunitas mereka, serta keunikan visi proyek tersebut.

Mereka menunjukkan bagaimana platform dan budaya open source telah membantu mereka meningkatkan produktivitas, ketangkasan, dan penghematan biaya, serta pemberdayaan mereka untuk mengatasi tantangan masa depan dan tren yang muncul dengan lebih percaya diri dan efektif.

Penghargaan tahun ini diberikan kepada 27 organisasi/perusahaan di APAC dari lima kategori: transformasi digital, infrastruktur hybrid cloud, pengembangan cloud-native, otomatisasi, dan ketahanan. Pemenang untuk Indonesia tahun ini adalah:

Kategori: Digital Transformation and Cloud-Native Development
Pemenang: PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga)

CIMB Niaga adalah bank swasta terbesar kedua di Indonesia berdasarkan aset, dengan kepemilikan saham terbesar pada CIMB Group. Bank ini memberikan layanan consumer banking, UKM, komersial, dan corporate banking, treasury dan layanan pembayaran melalui seluruh cabangnya di Indonesia maupun melalui platform digital.

Dalam pasar consumer banking yang sangat kompetitif di Indonesia, strategi keberhasilan CIMB Niaga adalah memastikan bahwa manusia, proses, dan teknologi harus sejalan dengan kebutuhan bisnis. Hal ini membuat CIMB Niaga secara mandiri membangun aplikasi untuk nasabah dan tidak mengandalkan aplikasi pihak ketiga.

CIMB Niaga melibatkan Red Hat Open Innovation Labs untuk mempelajari praktik-praktik terbaik untuk metodologi dan DevOps yang tangkas serta dibantu oleh Red Hat Consulting membangun sebuah platform yang tangkas menggunakan Red Hat OpenShift. Hasilnya, CIMB Niaga dapat mengembangkan dan menjalankan aplikasi secara lebih cepat melalui cara yang otomatis dan lebih aman. Hasilnya, bank itu dapat merespons permintaan pasar yang dinamis dengan cara yang lebih hemat dan lebih cepat.

Kategori Digital Transformation memberikan pengakuan kepada organisasi/perusahaan yang sukses memecahkan tantangan TI dan menghasilkan value bisnis sehingga bisa berkompetisi secara efektif sebagai sebuah digital enterprise. Kategori Cloud-Native Development menampilkan berbagai metodologi dan perusahaan yang tangkas dan yang paling berhasil menggambarkan keunggulan kinerja keseluruhan dalam menciptakan, maintaining, dan menerapkan aplikasi bisnis yang sukses.

Dirk-Peter van Leeuwen, senior vice president dan general manager, APAC, Red Hat mengatakan, 2020 adalah tahun ketidakpastian - tetapi juga peluang. Sungguh menginspirasi melihat bagaimana organisasi/perusahaan di Asia Pasifik menggunakan open source untuk memenuhi lanskap pasar dan permintaan konsumen yang terus berubah.

“Selamat kepada para pemenang tahun ini, yang kami yakini akan menjadi panutan bagi organisasi lain yang mencari ide untuk mentransformasi bisnis mereka. Kami berharap dapat bekerja dengan pelanggan untuk membantu mereka mengatasi banyak tantangan nyata yang dihadapi pada masa-masa ini, dan membuka peluang kemajuan bisnis yang tak terbatas,” ujarnya.

Yenny Siswanto, head of IT, PT Bank CIMB Niaga Tbk menyatakan, Red Hat telah membantu meningkatkan dan membuktikan kemampuan inovasi kami. Melalui solusi dan layanan Red Hat, kami berhasil menumbuhkan budaya DevOps di seluruh perusahaan dan membangun platform yang gesit, lengkap dengan integrasi dan delivery pipeline yang berkelanjutan.

“Kami diberdayakan untuk menghasilkan aplikasi-aplikasi baru bagi nasabah atau memberikan layanan baru dengan lebih cepat, sehingga kami dapat mempertahankan share of wallet nasabah kami di tengah meningkatnya persaingan dari sesama perbankan maupun dari perusahaan fintech,” jelasnya.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar