Tips Mengemudi yang Aman dan Nyaman di Jalan Menanjak

Ekonomi » Mashudi | 29/11/2020 07:36:00 WIB

Sebuah mobil diberitakan gagal menanjak sehingga turun kembali dan mengakibatkan kecelakaan. Di lain peristiwa, ada pengemudi yang tidak berhasil menguasai mobilnya yang sedang menanjak sehingga mengalami kecelakaan.

Sebenarnya bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman bagi AutoFamily yang melewati jalan menanjak? Berikut pemaparan singkatnya.

Kunci Mengemudi di Jalan Menanjak

Kunci dari mengemudi mobil di rute mendaki adalah menjaga momentum kendaraan sehingga dapat melaju dengan mulus. Jaga emosi, fokus dan tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam yang bisa membuat AutoFamily kehilangan kendali mobil, terutama ketika menanjak di jalan yang licin akibat keadaan jalan yang kurang layak atau hujan.

Namun jangan pula terlalu santai yang membuat mobil kekurangan tenaga bahkan menyebabkannya tidak sanggup mendaki. Kenali karakter mobil yang dipakai untuk mendapatkan momentum yang pas.

Optimalkan Transmisi Mobil

Walaupun mobil diperhitungkan sanggup melewati rintangan, sebaiknya posisi gigi transmisi diturunkan untuk memperoleh tambahan tenaga yang memadai. Usahakan supaya tidak menurunkan gigi di tengah rute pendakian agar mobil tidak kehilangan tenaga.

Jika tanjakan landai dan panjang, AutoFamily bisa menggunakan gigi 3, baik untuk mobil transmisi otomatis dan manual. Tapi jika tanjakan cukup curam, bisa memanfaatkan gigi 2, bahkan bisa diposisikan di gigi 1 atau L untuk transmisi otomatis jika dibutuhkan.

Melaju dengan Halus dan Tenang

Atur irama kendaraan dengan menjaga injakan pada pedal gas. Tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam ketika mobil mulai menanjak supaya ban tidak kehilangan traksi yang membuat mobil sulit dikendalikan. Perhitungkan beban mobil, jika membawa muatan penuh, artinya AutoFamily harus menekan pedal gas lebih dalam.

Perhatikan pula kondisi jalan yang dilewati, terutama bila jalur yang dilalui kondisinya licin akibat hujan. Atau jika kondisi lalu lintas cukup ramai sehingga membuat AutoFamily kesulitan menjaga momentum.

Tidak perlu panik saat menjelang akhir jalur pendakian mobil semakin kehilangan tenaga. Segera turunkan posisi gigi secara halus untuk kembali mengail tenaga. Andai sampai berhenti karena ada halangan atau mobil benar-benar tidak bertenaga, segera injak pedal rem dan tarik tuas rem parkir.

Lakukan start kembali dari gigi 1. Tetap tenang dan waspada supaya mobil dapat melaju kembali dengan aman. Segera pindahkan tuas transmisi ke D untuk transmisi matik atau gigi lebih tinggi untuk transmisi manual setelah berhasil melewati tanjakan untuk memberi ‘napas’ pada mobil.

Periksa Kondisi Mobil di Bengkel Auto2000

Tidak hanya kemampuan pengemudi, kondisi mobil secara teknis juga harus dijaga supaya dapat melewati tanjakan dengan aman dan nyaman. Seperti kinerja mesin jangan sampai bermasalah supaya dapat melaju tanpa kendala.

Tentu AutoFamily tidak mau laju mobil tiba-tiba tersendat di tengah tanjakan, apalagi kalau sampai mogok. Termasuk pula kondisi transmisi dan ban yang memegang peran penting dalam menyalurkan tenaga mesin ke jalan.

Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 sediakan Promo THS Check Up Toyota yang berlaku hingga 31 Desember 2020. Cukup order layanan THS di menu Booking Servis Auto2000 Digiroom, teknisi THS akan melakukan check-up 20 item mobil secara gratis yang meliputi pemeriksaan mesin, elektrikal, AC, sasis dan bodi mobil.

Dengan begitu, AutoFamily akan merasa lebih aman dan nyaman serta tanpa keraguan saat melewati segala kondisi jalan.

Selain itu, masih disediakan Promo PERKASA untuk perbaikan dan penggantian kopling, aki, dan shock absorber berupa diskon jasa sebesar 30% dan diskon parts sebesar 15%. Ditambah Promo GLEDEK yang juga berlaku hingga 31 Desember 2020 berupa diskon pembelian wiper fluid sebesar 20%, wiper blade 10%, dan ban sampai dengan 27%. Syarat dan ketentuan berlaku, silakan cek menu PROMO Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lengkap.

“Pastikan AutoFamily dapat melewati jalan menanjak dengan aman dan nyaman dengan memperhatikan cara mengemudi yang tepat dan kondisi mobil yang prima. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu mempersiapkan mobil AutoFamily agar selalu siap dipakai di berbagai kondisi jalan. Segera kunjungi Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (28/11/2020).

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar