MediaTek Dipilih untuk Program Sertifikasi Wi-Fi 6E dari Wi-Fi Alliance

Saintek » Mashudi | 14/01/2021 11:27:00 WIB

MediaTek (13/1/2021) mengumumkan telah terpilih untuk uji sertifikasi Wi-Fi 6E, yang merupakan sertifikasi terbaru dari Wi-Fi Alliance® untuk perangkat Wi-Fi CERTIFIED 6 ™ dengan dukungan 6GHz.

MediaTek memiliki solusi titik akses nirkabel, MT7915-AP-AX, dan juga solusi nirkabel sisi klien, MT7915-STA-AX di tempat pengujian.

Kedua perangkat ini mendukung operasi tanpa lisensi di frekuensi 6GHz dan menyertakan banyak fitur Wi-Fi 6 yang canggih seperti ukuran beberapa unit sumber daya (resource unit/RU) untuk operasi OFDMA simultan yang optimal dari beberapa klien, bersama dengan fitur konektivitas canggih lainnya. 

“MediaTek memiliki portofolio Wi-Fi terluas dan merupakan pemasok Wi-Fi nomor satu di seluruh broadband, router ritel, perangkat elektronik konsumen, dan game, melalui penyediaan solusi Wi-Fi yang memberi daya pada ratusan juta perangkat setiap tahun,” kata Alan Hsu , Corporate Vice President di MediaTek.  

Alan Shu menyatakan, dengan titik akses dan solusi sisi klien kami sebagai bagian dari ujicoba Wi-Fi 6E untuk proses sertifikasi produk, kami berharap dapat membantu pelanggan kami memenuhi persyaratan konektivitas terbaru dengan menghadirkan fitur konektivitas generasi berikutnya ke produk yang disukai konsumen.

Selama bertahun-tahun, MediaTek telah bekerja sama dengan Wi-Fi Alliance untuk memastikan bahwa portofolio konektivitas MediaTek mendukung fitur Wi-Fi terbaru.

Sekarang, selain mendukung pita 6GHz, portofolio solusi chipset Wi-Fi 6 MediaTek dengan fungsionalitas Wi-Fi 6E mendukung 1024-QAM dan OFDMA untuk peningkatan kinerja, target waktu bangun (target wake time/TWT) untuk masa pakai baterai yang lebih lama, WPA3 untuk tingkat keamanan tertinggi, dan beberapa input multi-pengguna, beberapa output (MU-MIMO) untuk kapasitas yang lebih tinggi.

Dan juga solusi MediaTek mendukung banyak fitur Wi-Fi CERTIFIED 6 ™ R1 opsional serta fitur Wi-Fi CERTIFIED EASYMESH ™ R2 yang memiliki kontrol lalu lintas baru, fitur keamanan yang ditingkatkan, optimalisasi spektrum dan kemampuan diagnostik yang lebih baik. 

Akses point Wi-Fi 6E MediaTek dan produk klien dirancang untuk berbagai segmen pasar, termasuk namun tidak terbatas pada: 

• Produk broadband seperti home gateway, titik akses, mezh nodes, dan extender 

• Perangkat ritel termasuk router dan repeater 

• Elektronik konsumen seperti perangkat asisten suara (voice assistant devices/VAD), TV, dan produk over-the-top (OTT) termasuk stik TV 

• Perangkat PC seperti notebook 

• Aplikasi 5G termasuk smartphone, 5G MiFi dan perangkat 5G Fixed Wireless Access (FWA) 

• Aplikasi IoT untuk berbagai macam kasus penggunaan 

Perangkat Wi-Fi 6 dengan dukungan Wi-Fi 6E menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan generasi Wi-Fi sebelumnya, termasuk latensi yang lebih rendah serta kapasitas dan kecepatan tambahan.

Perangkat yang menggunakan koneksi Wi-Fi 6 dalam 6GHz dirancang untuk menggunakan saluran 160 MHz yang lebar dan bandwidth yang tidak padat dalam 6GHz untuk menghadirkan Wi-Fi multigabit dengan latensi rendah untuk pengalaman konektivitas yang lebih baik.

Hal ini memungkinkan dukungan yang lebih baik untuk aplikasi mutakhir seperti komunikasi terpadu, AR / VR, dan bahkan video holografik. 

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar