Sarana Jaya Bagikan 2.021 Pohon sebagai Gerakan ‘Bagi, Tanam, Rawat’

Gaya Hidup » Mashudi | 15/02/2021 22:07:00 WIB

Dalam rangka perayaan Hari Sejuta Pohon pada jatuh pada tanggal 10 Januari lalu, Perumda Sarana Jaya, sebagai BUMD DKI Jakarta, menunjukan komitmennya untuk berpartisipasi aktif menurunkan emisi gas rumah kaca dengan megninisiasi gerakan ‘Bagi, Tanam, Rawat’, membagikan 2.021 tanaman dengan daya serap polutan tinggi.

Tanaman ini diberikan kepada berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah Daerah DKI Jakarta, BUMD DKI Jakarta, penghuni Proyek Nuansa Pondok Kelapa Hunian DP 0 Rupiah, hingga komunitas lingkungan di Jakarta.

Direktur Utama Sarana Jaya Yoory C. Pinontoan mengatakan, “kami sebagai BUMD DKI Jakarta terus berkomitmen tehadap keberlanjutan lingkungan dimana kami terus menaruh kepedulian pada keselamatan lingkungann sesuai dengan SDG poin ke-11, yaitu kota dan komunitas yang berkelanjutan, untuk menciptakan ruang tinggal yang lebih berkualitas bagi warga Jakarta, dimulai dari proyek-proyek kami berada.”

Melalui gerakan ini, Perumda Sarana Jaya membagikan 2.021 tanaman dalam ruang dengan daya serap polutan tinggi, seperti: Lidah mertua (Sansevieria), Sri Rejeki (aglaonema) dan Lili perdamaian (Spathiphyllum wallisii).

Tanaman ini diberikan kepada pemerintah daerah DKI Jakarta untuk sarana prasananya sebanyak 171 paket, kepada penghuni proyek Proyek Nuansa Pondok Kelapa Hunian DP 0 Rupiah untuk ditaruh didalam ruang sebanyak 450 paket, dan kepada komunitas lingkungan di Jakarta seperti Lindungi Hutan, Sustainable Indonesia, Jakarta Berkebun,

Kebun Pahlawan, Indonesia Indah Foundation, Rumah Bumi, Komunitas Gerakan Pancoran Menanam dan Kelompok Tani Melati dengan total 1.400 paket tanaman untuk disebarkan atau ditanamkan disekitar lokasi operasi komunitas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan apresiasi kepada Sarana Jaya atas gerakan ini dan menunjukan komitmennya memegang teguh prinsip 3P: People, Profit, dan Planet; terus mengedepankan keselamatan lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya.

“Saya berterima kasih kepada Perumda Sarana Jaya yang terus bergerak bersama mewujudkan penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 30% pada 2030 yang sudah tercapai 26% pada tahun ini,” ujar Anies.

Anies berharap gerakan ini membangun kesadaran seluruh dalam merawat dan melestarikan lingkungan DKI Jakarta, “saya berharap kegiatan ini kedepannya dapat diikuti oleh seluruh warga DKI Jakarta agar jangkauan meluas diseluruh kawasan.”

Perumda Sarana Jaya mengajak masyarakat dan komunitas yang telah berpartisipasi dalam program ini untuk terus merawat tanaman yang telah diberikan.

“Gerakan ini tidak akan dapat berhasil dan berkelanjutan apabila tidak didukung oleh masyarakat. Kami berharap tanaman yang telah kami bagikan dapat dirawat untuk mempercantik ruang tinggal Anda, serta bersama menjaga merawat lingkungan dan alam sekitar kita,” tutup Yoory.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar