Aiven Perkenalkan Ekosistem Streaming Berbasis Open Source untuk Apache Kafka

Saintek » Mashudi | 14/12/2022 20:28:00 WIB

Sebagai yang pertama yang menawarkan Apache Kafka terkelola di cloud sejak 2016 lalu, Aiven telah menjadi salah satu yang menawarkan Apache Kafka open source yang sesungguhnya di pasar.

Dengan akuisisi Klaw, Aiven kini menyediakan portofolio komprehensif solusi dan layanan seputar Apache Kafka yang memungkinkan konsumen memindahkan, mengelola, memproses, mengoperasikan dan secara efisien mengelola streaming data organisasi mereka secara real time.

Aiven, platform cloud data berbasis open source, hari ini (14/12/2022) memperkenalkan ekosistem streaming berbasis open source lengkap untuk Apache Kafka®, yang menyediakan ekosistem data yang kuat, sepenuhnya open source dan real time, dengan hadirnya layanan tambahan baru Aiven for Apache Flink® dalam versi beta, Aiven for Apache Flink® adalah sebuah stream processing framework, dan Klaw, tools pengelolaan data untuk Apache Kafka.

Para pelanggan yang menggunakan platform Aiven kini bisa memanfaatkan kemampuan baru arsitektur event streaming berbasis open-source secara komprehensif. Aiven baru-baru ini mengumumkan Klaw pada September 2022 setelah mengakuisisi Kafkawize, tool tata kelola data mandiri yang berbasis open source untuk Apache Kafka.  

“Sebagai pemimpin di komunitas open source, Aiven memiliki misi untuk mengelola software yang membuat kehidupan para developer lebih mudah – dan dengan ekosistem teknologi streaming berbasis open source yang lengkap untuk Apache Kafka di sekitar Aiven, kami bisa melakukan hal tersebut dan lebih banyak lagi untuk pengguna kami,” ucap Oskari Saarenmaa, CEO dan Co-Founder Aiven.

“Saya sangat bersemangat berbagi ekosistem ini kepada komunitas dan terus mendorong lahirnya teknologi-teknologi open source yang inovatif dan sarat dengan data,” lanjut Oskari Saarenmaa. 

Berikut ini selengkapnya arsitektur streaming open source dalam ekosistem streaming berbasis open source Aiven untuk Apache Kafka: 

“Aiven for Apache Kafka telah berperan penting dalam pelayanan dan pengelolaan sistem throughput kami yang masif. Platform Aiven, bersama dengan Kubernetes Operator dan penyedia Terraform dari Aiven telah menyederhanakan tugas pemeliharaan sehari-hari kami dan mengkonsolidasikan seluruh pengelolaan dalam ekosistem yang sama dengan infrastruktur existing kami,” kata Anand Rajhans, Head of Site Reliability Engineer dari GoTo Financial, platform di balik superapps Gojek dan Tokopedia.

Anand Rajhans mengatakan, dukungan Aiven untuk Apache Kafka telah memudahkan kami melakukan skalabilitas terlepas dari ukuran layanan, memungkinkan kami melakukan peningkatan yang seamless dan andal bagi lebih dari 270 juta konsumen dan 11 juta merchant di seluruh Asia Tenggara. 

“Kami sudah menggunakan berbagai solusi dari Aiven untuk kebutuhan event streaming kami, seperti Aiven for Apache Kafka dan Aiven for Apache Kafka Connect. Kombinasi antara Kafka dari Aiven, API-nya dan penyedia Terraform dari Aiven, telah memungkinkan kami untuk mengotomatisasi hampir semuanya: konfigurasi, pengimplementasian, dan pemeliharaan,” ucap Carlos Olmos, Senior Principal Software Engineer, Everactive, platform IoT berbasis perangkat sensor dengan daya sendiri dan komunikasi nirkabel rendah daya.

“Support dan tooling Aiven seputar Kafka telah memberdayakan kami untuk menggunakan Kafka di Everactive dan memanfaatkan potensi data streaming kami,” ujar Carlos Olmos. 

Menyederhanakan solusi menjadi satu, ekosistem streaming berbasis open source Aiven untuk Apache Kafka memungkinkan para pelanggan dan pengembang untuk berfokus pada hal yang benar-benar penting – bagaimana cara mendapatkan outcome dari data dengan mudah.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar