22 Tahun Beroperasi, JFX Tingkatkan Pengenalan PBK Kepada Masyarakat

Ekonomi » Mashudi | 16/12/2022 09:52:00 WIB

Merayakan launchingnya kontrak terbaru Emas 10 gram (GOL10) dan Olein 100 kg (OLE01) pada 30 September 2022, PT Jakarta Futures Exchange (JFX) bersama dengan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) menyelenggarakan trading competition untuk kedua kontrak tersebut.

Real trading competition diperuntukan bagi nasabah pialang JFX dengan hadiah mencapai 600 juta rupiah termasuk 2 mobil. Sementara untuk Demo trading competition, diperuntukan bagi para mahasiswa dengan hadiah mencapai 30 juta rupiah dimana demo trading competition ini merupakan salah satu kegiatan CSR perusahaan.

Kompetisi ini disambut baik oleh publik, terdapat 30 pialang mendaftar mengikuti real trading competition dan 16 universitas dengan total 33 tim yang tersebar di seluruh Indonesia mendaftar mengikuti demo trading competition.

Real trading competition diselenggarakan mulai dari 10 Oktober – 30 November 2022 dan untuk demo trading competition diselenggarakan mulai dari 1 November – 30 November 2022.

Penyerahan hadiah dilakukan pada 15 Desember 2022 bertepatan dengan First Trading Day Anniversary JFX. Para pemenang kompetisi di undang ke kantor JFX untuk menerima hadiah dan juga ikut merayakan acara peringatan 22 tahun JFX beroperasi, bersama dengan seluruh Anggota Bursa.

Perayaan ini dilaksanakan secara Hybrid, beberapa anggota bursa yang merupakan peserta kompetisi hadir di kantor JFX dan juga ada yang mengikuti melalui zoom namun tidak mengurangi rasa sukacita dan kebersamaan yang ada.

Heryono Hadi Prasetyo selaku Kepala Biro Pengawasan PBK, SRG dan PLK Bappebti ikut hadir dalam acara ini dan sekaligus memberikan arahan “Usia 22 tahun merupakan masa usia yang sangat produktif bagi sebuah perusahaan, untuk itu diharapkan PT BBJ ini dapat ikut membangun industri PBK yang liquid, terpercaya dan diakui pasar internasional walaupun itu bukan tugas yang mudah karena dalam upaya mendorong Indonesia menjadi sumber referensi harga beberapa komoditi yang dihasilkan, maka perlu memiliki Bursa Berjangka yang menjadi rujukan harga komoditi dunia (price reference), dan dapat dijadikan sarana lindung nilai (hedging) serta sebagai sarana pembentukan harga (price discovery) bagi komoditi yang dihasilkan agar manfaat ekonominya benar-benar dirasakan bagi pelaku usaha”

Pada acara tersebut, Stephanus Paulus Lumintang Direktur Utama JFX mengatakan, tujuan kompetisi trading ini untuk meningkatkan awareness masyarakat, khususnya para mahasiswa yang berpartisipasi agar dapat menjadi penerus yang memajukan industri PBK.

“Peningkatan transaksi Multilateral dapat dicapai dengan dukungan yang aktif dari Bappebti selaku regulator dan juga para member. JFX terus berkomitmen untuk berinovasi mengembangkan kontrak-kontrak Multilateral baru, aktif bekerjasama dengan pelaku pasar baik dalam dan luar negeri untuk mendukung industri PBK di Indonesia,” papar Paulus.

Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia mengatakan, adanya kontrak baru di Bursa Berjangka Jakarta  yaitu Emas 10 gram (GOL10) dan Olein 100 kg (OLE01) ini akan menambah pilihan produk di industri perdagangan Berjangka Komoditi. Industri Perdagangan Berjangka Komoditi di Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang.

Setelah mendapat sambutan dari yang baik, acara selanjutnya yang paling ditunggu yaitu pemberian hadiah kepada pemenang kompetisi. Dimulai dari pemberian hadiah kepada pemenang demo trading. Juara I dimenangkan oleh tim Home Run Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma dengan hadiah uang tunai 10 juta rupiah, tim Joha Universitas Prasetiya Mulya sebagai juara II dengan hadiah uang tunai 7,5 juta rupiah dan tim Trend Bullish Universitas Lampung sebagai juara III dengan hadiah uang tunai 5 juta rupiah.

Selain itu sebagai bentuk apresiasi JFX kepada 3 pemenang ini, seluruh tim beserta dosen pembimbing diberikan fasilitas penginapan di hotel bintang 5 dan dijemput untuk menghadiri acara di kantor JFX.

Latifah Aulia, Rio Johansen dan Mochamad Nando Frismanda dari Tim Home Run dari Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma yang merupakan juara satu kompetisi demo trading mengatakan “Kegiatan ini merupakan ajang dan kesempatan berharga bagi para mahasiswa untuk dapat belajar dan mempraktekkan langsung bagaimana sebuah trading itu dilakukan, dimulai dari merancang strategi, membaca pergerakan harga pasar, dan mengaktualisasikannya didalam simulasi trading ini selama sebulan. Tentunya ini sangat berguna kedepannya bagi kita mahasiswa sebagai bekal untuk dapat melakukan trading sebenarnya dengan baik”

Sesi kedua pemberian hadiah adalah untuk pemenang real trading. Untuk kategori profit terbesar, di menangkan oleh nasabah dari PT Trijaya Pratama Futures sebagai juara pertama, nasabah dari PT Maxco Futures sebagai juara kedua, nasabah dari PT Equityworld futures sebagai juara ketiga, nasabah dari PT Valbury Asia Futures sebagai juara keempat dan nasabah dari PT Solid Gold Berjangka sebagai juara kelima.

Untuk kategori volume terbanyak, di dominasi oleh nasabah dari PT Valbury Asia Futures sebagai juara satu dan tiga, dan nasabah dari PT Trijaya Pratama Futures sebagai Juara dua, juara empat dan juara lima.

Wilson, Nasabah dari PT Trijaya Pratama Futures yang merupakan juara satu pemenang kategori Profit terbesar mengatakan “Produk transaksi Multilateral ini sudah boleh untuk diperdagangkan dan disini kita bisa lihat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Saya sangat bersyukur menjadi bagian dalam penyelenggaraan perlombaan ini, dan harapan kami produk komoditi Multilateral dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga Produk komiditi Multilateral ini dapat lebih maju dan berkembang untuk kedepannya”

Irwansyah, Nasabah dari PT Valbury Asia Futures yang merupakan juara satu pemenang kategori Volume terbanyak mengatakan “Trading komoditi ini menurut saya dapat dijadikan alternatif investasi yang cukup baik.  Melihat pergerakan pasar yang cukup aktif serta system transaksi yang mudah digunakan membuat transaksi semakin menyenangkan. Harapan saya event-event seperti ini rutin dilakukan agar dapat menumbuhkan pemahaman investasi masyarakat luas pada bidang komoditi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri PBK.”

JFX akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk setiap member dan mendidik generasi muda melalui literasi, sosialisasi dan event-event seperti kompetisi untuk mengajak semua pihak lebih mengenal industri perdagangan berjangka komoditi.

Di akhir acara sebagai wujud rasa syukur selama 22 tahun berkiprah di dunia Perdagangan Berjangka Komoditi, dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Stephanus Paulus Lumintang selaku Direktur Utama JFX.

(rr/Syam)

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar