Intel Umumkan Program Baru untuk Pengembang Software dan Vendor Hardware AI PC

Saintek » Mashudi | 28/03/2024 09:40:00 WIB

Intel Corporation hari ini mengumumkan penciptaan dua inisiatif artificial intelligence (AI) sebagai bagian dari AI PC Acceleration Program, yaitu: AI PC Developer Program, dan penambahan Independent Hardware Vendors ke dalam program tersebut.

Ini adalah tonggak sejarah penting dalam upaya Intel menggunakan software dan ekosistem hardware untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan AI di lebih dari 100 juta AI PC berbasis Intel hingga tahun 2025.

“Kami telah membuat kemajuan besar dalam AI PC Acceleration Program kami dengan bekerja sama dengan ekosistem. Saat ini, dengan tambahan AI PC Developer Program, kami memperluas jangkauan kami untuk melampaui ISV besar dan berinteraksi dengan pemain skala kecil dan menengah serta calon pengembang. Tujuan kami adalah untuk mendorong pengalaman tanpa hambatan dengan menawarkan serangkaian tool termasuk AI-ready Developer Kit terbaru,” kata Carla Rodriguez, Vice President and General Manager of Client Software Ecosystem Enabling.

AI PC Developer Program didesain secara spesifik bagi pengembang software dan independent software vendors (ISVs) untuk memberikan pengalaman pengembang yang lancar dan memudahkan pengembang dalam mengadopsi teknologi-teknologi AI terbaru dalam skala besar. Program ini menyediakan akses ke tools, alur kerja, kerangka kerja deployment AI, dan kits pengembang, termasuk hardware Intel terbaru yang dilengkapi prosesor Intel® Core™ Ultra.

Halaman sumber daya pengembang yang diperbarui ini tak ubahnya one-stop shop bagi para pengembang untuk mengakses AI PC dan toolkits yang berfokus pada client, dokumentasi, dan pelatihan. Sumber daya yang dikumpulkan ditujukan untuk membantu pengembang mengambil manfaat penuh dari teknologi prosesor Intel Core Ultra untuk memaksimalkan performa aplikasi AI dan machine learning (ML) dan mempercepat use case baru.

Pengembang bisa mengikuti AI PC Acceleration Program Intel dan mengetahui lebih banyak mengenai jaringan mitra global Intel yang berupaya memaksimalkan kinerja AI di industri PC.

Penambahan Independent Hardware Vendors (IHV) ke dalam AI PC Acceleration Program memberikan peluang bagi para IHV untuk mempersiapkan, mengoptimalkan dan memungkinkan hardware mereka menjalankan Intel AI PC.

Mitra yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan akses ke Open Labs Intel, di mana mereka akan mendapatkan dukungan teknis dan co-engineering sejak awal fase pengembangan solusi hardware dan platform mereka. Selain itu, melalui program ini, Intel menyediakan hardware referensi sehingga mitra IHV yang memenuhi kualifikasi bisa menguji dan mengoptimalkan teknologi mereka supaya berjalan seefisien mungkin pada saat peluncuran.

“Intel telah memasukkan 150 vendor hardware dari seluruh dunia ke dalam AI PC Accelerator Program kami,” kata Matt King, senior director, Client Hardware Ecosystem, Intel.

“Kami sangat bersemangat untuk memperluas jangkauan solusi hardware dan software inovatif kami untuk membawa momentum ini ke dalam ekosistem pengembang kami yang luas dan terbuka,” ungkapnya. 

IHV dan pengembang bisa mendaftar untuk bergabung dengan AI Acceleration Program untuk IHV. Intel bekerja sama dengan mitra hardware untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman AI PC. Bergabunglah dengan Intel dalam perjalanan untuk mengakselerasi inovasi. 

AI secara fundamental akan mengubah banyak aspek kehidupan manusia, termasuk bagaimana mereka bekerja, belajar, terhubung, dan berkreasi. Dengan software dan hardware yang dioptimalkan, didukung oleh platform paling inovatif dari Intel - central processing units, neural processing units dan graphics processing units – semua orang bisa memanfaatkan benefit dari AI dengan AI PC. Intel berkolaborasi di ekosistem yang luas dan terbuka sehingga pengguna akhir bisa mendapatkan performa yang ditingkatkan, produktivitas, inovasi dan kreativitas. Intel mendorong kemajuan dalam era AI PC sekaligus memberdayakan ISV dan IHV.   

Melalui program-programnya, Intel memberikan value lebih kepada para pengembang, di antaranya:

Intel menawarkan banyak jenis toolkits yang bisa dimanfaatkan oleh pengembang AI dan menghadirkan lebih dari 300 fitur AI terakselerasi ke pasar hingga tahun 2024 dengan prosesor Intel Core Ultra dalam 230 desain dari 12 original equipment manufacturer global.

AI PC Acceleration Program, yang diumumkan Oktober 2023, bertujuan untuk menghubungkan para independent hardware vendors dan independent software vendors dengan sumber daya Intel, termasuk toolchain kecerdasan buatan, pelatihan, co-engineering, optimasi software, hardware, sumber daya desain, keahlian teknis, pemasaran bersama, dan peluang penjualan. Untuk informasi tambahan tentang AI PC Intel, kunjungi halaman AI PC Intel

The Small Print:

Performa bisa berbeda tergantung pemakaian, konfigurasi dan faktor-faktor lain. Pelajari lebih lanjut di www.Intel.com/PerformanceIndex.  

Fitur-fitur AI mungkin butuh pembelian software, berlangganan atau pengaktifan oleh penyedia software atau platform, atau memiliki konfigurasi yang spesifik atau perlu memenuhi persyaratan kompatibilitas. Tidak ada produk atau komponen yang benar-benar aman. Biaya yang Anda keluarkan dan hasilnya bisa bervariasi.

Teknologi Intel mungkin perlu hardware, software, atau service untuk mengaktifkannya. Intel tidak mengendalikan atau mengaudit data pihak ketiga. Anda harus berkonsultasi dengan sumber lain untuk mengevaluasi akurasi. Akses ke tools dan sumber daya AI PC Accelerator Program mungkin tunduk pada syarat dan ketentuan Intel.

(rr/Syam)

 

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar