Tips Auto2000 dan Solusi Menghadapai Potensi Masalah Saat Mudik Lebaran Ada Jalur Contraflow

Gaya Hidup » Mashudi | 13/04/2024 10:01:00 WIB

Survei Potensi Pergerakan Angkutan Lebaran Tahun 2024 yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa pemudik yang menggunakan mobil pribadi akan mencapai 35,42 juta orang (18,29%) dari perkiraan total pemudik sekitar 193 juta orang. Artinya, akan banyak masalah di jalan jika AutoFamily tidak mengantisipasinya.

“Saat mudik lebaran, diperkirakan jutaan orang akan memenuhi jalanan di waktu yang hampir bersamaan sehingga mengakibatkan banyak potensi masalah yang dapat mengganggu perjalanan mudik AutoFamily. Karena itu, AutoFamily harus memahami sumber masalah demi perjalanan yang aman dan nyaman,” terang Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Selasa (9/4/2024).

Berikut beberapa hal yang harus diantisipasi oleh AutoFamily sepanjang masa mudik Lebaran 2024.

Pengaturan Arus Lalu Lintas Contraflow

Pemerintah melalui kepolisian akan melakukan pengaturan arus lalu lintas supaya perjalanan mudik dapat berlangsung tertib dan lancar. Aturan yang diterapkan di antaranya adalah one way, ganjil-genap dan contraflow.

Khususnya contraflow, AutoFamily harus extra waspada karena pada pagi 8 April 2024 kemarin baru saja terjadi kecelakaan yang diindikasi berada di jalur contraflow KM 58 Cikampek. Tipsnya pertama, ketika sudah mengetahui titik dan lokasi jalur contraflow, maka AutoFamily perlu mempersiapkan kendaraan di lajur kanan. Bersiaplah sekitar 2 km sebelum pintu masuk jalur contraflow supaya tidak kelewatan atau melakukan manuver mendadak yang berbahaya.

Kedua atur kecepatan mobil, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat di lajur lawan arah ini. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas. Namun kalau terlalu cepat juga berbahaya mengingat berada di jalur mobil lain dari lawan arah. Idealnya, kecepatan kendaraan di jalur contraflow maksimal 60 km/jam.

Ketiga AutoFamily harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman,  dapat membuat AutoFamily mengantisipasi segala kemungkinan. Selanjutnya keempat kondisi tubuh pengemudi juga harus benar-benar fit, karena butuh monsentrasi tinggi di jalur contraflow.

Pastikan AutoFamily sudah mengetahui syarat dan jadwal pelakasanaannya sehingga tidak kebingungan saat ditemukan ada rambu-rambu tersebut pada saat mudik, sehingga bisa menghambat perjalanan. Begitu juga dengan kondisi tubuh.

Kondisi Macet

Memantau kondisi macet dan merencanakan perjalanan mudik AutoFamily bisa mencari supaya perjalanan menjadi lebih nyaman, dengan tidak berangkat mudik saat peak season. Hasil survey Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa puncak arus mudik adalah pada hari Senin 8 April 2024 atau H-2 Lebaran. Sementara itu, masyarakat akan mulai mudik pada H-4. Dengan melihat data tersebut, AutoFamily bisa mengatur hari keberangkatan yang paling pas.

Kehabisan Bensin

Perjalanan jauh dengan waktu tempuh panjang akibat macet di masa mudik Lebaran tidak dapat dihindarkan. Ditambah, rest area biasanya padat bahkan ada kemungkinan ditutup kalau terlalu penuh. Alhasil, AutoFamily harus memastikan ketersediaan BBM di tangki mobil jangan sampai kehabisan.

Pertama, isi penuh tangki bensin mobil begitu akan masuk jalan tol. Selanjutnya, gunakan fitur konsumsi bensin di MID mobil untuk memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk isi bensin. Saat bensin tinggal setengah, Segera isi bensin di rest area atau pom bensin pertama yang dtemui. Manfaatkan peta digital, jangan segan untuk keluar sejenak dari jalan tol kalau ada pom bensin dekat pintu tol.

Anda bisa menggunakan mobil hybrid Toyota seperti All New Yaris Cross HEV yang sangat irit hanya 31 km/liter menurut pengujian sebuah media otomotif ternama. Dengan mengisi 40 liter, jarak tempuhnya bisa tembus 1.200 km dalam kondisi berkendara normal sehingga tidak perlu repot memikirkan isi bensin di tengah jalan.

Pengemudi Mengantuk dan Lelah

Pengemudi harus dalam kondisi fit supaya tidak mengantuk dan lelah. Sebaiknya ada 2 driver yang bergantian setiap 2 jam supaya tetap bugar dan fokus. Jika hanya mengemudi sendirian, pastikan sudah tidur cukup minimal 6 jam sebelum berangkat. Istirahat setiap 2 jam dimana pada istirahat kedua harus tidur minimal 30 menit untuk memulihkan tenaga. Jika sudah berkendara selama 8 jam, sebaiknya menginap untuk istirahat total.

Aquaplaning

Saat ini masih dalam musim hujan, alhasil aquaplaning dapat terjadi jika diabaikan. Aquaplaning sanggup menahan telapak ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan sehingga kehilangan traksi dan mobil tergelincir. Kurangi kecepatan bila turun hujan atau trek tol basah untuk mengurangi risiko aquaplaning. Pastikan kondisi tapak ban supaya daya cengkeramnya terjaga.

Rest Area Penuh

Rest area merupakan sarana penting saat berkendara di jalan tol untuk istirahat dan isi ulang bensin. Masalahnya saat mudik Lebaran, rest area pasti penuh oleh pengunjung yang memiliki kebutuhan sama, bahkan sampai ditutup oleh polisi supaya tidak membuat jalan tol macet. Pastikan kebutuhan seperti makanan dan minum terpenuhi sebelum jalan, isi bensin full, dan atur strategi masuk rest area.

Jalan Berlubang

Efek buruk menabrak lubang jalan bisa sangat besar karena kecepatan mobil yang tinggi. Jangan mengerem mendadak atau pindah lajur untuk menghindar karena berpotensi celaka. Bila tidak aman, cukup lepas pedal gas dan biarkan mobil menabrak lubang. Jalan perlahan dan rasakan apakah ada potensi masalah.

Rambu Jalan Tol

Rambu dan marka jalan tol dapat membuat bingung pengemudi yang jarang keluar kota, seperti di simpang susun karena jumlahnya banyak. Sebelum jalan, tentukan rute yang akan dilewati via peta digital. Jangan lakukan manuver berbahaya bila salah pilih rute, seperti main potong jalan yang akan membahayakan pengemudi lain.

Medan Jalan Tol

Jalan tol trans Jawa relatif lurus dan membuat driver mudah mengantuk. Beberapa jalan tol memiliki medan jalan menanjak dan menurun sehingga AutoFamily harus menjaga kewaspadaan dan memastikan mobil sanggup melaluinya. Sementara medan jalan tol trans Sumatera belum banyak diketahui sehingga harus lebih waspada.

Sesama Pengguna Jalan

AutoFamily mungkin pernah mengalami kecelakaan akibat kecerobohan orang lain. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan tidak perlu menutup jalan mobil lain yang pindah lajur seenaknya. Meski benar secara hukum, tapi mencegah kecelakaan tetap jauh lebih baik. Pahami bahwa di masa mudik akan banyak orang di jalan dan tidak semua mau patuh aturan lalu lintas.

Mobil Bermasalah

Pastikan mobil dalam kondisi prima supaya tidak bermasalah di masa mudik Lebaran. Solusinya adalah servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service lewat website Auto2000.co.id. Manfaatkan berbagai promo menguntungkan termasuk promo PILIHAUTO2000.

Promo PILIHAUTO2000 menyediakan hadiah 200 unit sepeda motor matik Honda BeAT bagi AutoFamily yang melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 maupun order layanan THS - Auto2000 Home Service. Termasuk pula perbaikan atau perawatan bodi mobil di fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000 (minimal transaksi Rp 3 juta untuk transaksi di BP Auto2000).

“Pastikan mobil AutoFamily dapat terhindar dari berbagai masalah di jalan tol dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service. Ada hadiah sepeda motor matic, segera booking servis berkala di website Auto2000 untuk persiapan mudik Lebaran,” tutup Nur Imansyah Tara.

Bagian dari komitmen Auto2000 dari tahun ke tahun, terdapat 9 Posko Siaga Auto2000 yang akan beroperasi selama 24 jam nonstop dan tersebar mulai dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali. Berikut daftar lengkap Posko Siaga Auto2000 yang beroperasi antara 4–15 April 2024:

1. Posko Siaga Auto2000 Cikampek di Rest Area Km 57 Jalan Tol Jakarta–Cikampek

2. Posko Siaga Auto2000 Cikampek 2 di Rest Area Km 62 Jalan Tol Cikampek–Jakarta (arus balik)

3. Posko Siaga Auto2000 Probolinggo di SPBU Utama Raya – Beach Resort Jl. Raya Banyuglugur Km 2 – Timur PLTU Paiton

4. Posko Siaga Auto2000 Banten di Rest Area Km 68 Jalan Tol Merak

5. Posko Siaga Auto2000 Medan di Rest Area Km 65A Jalan Tol Kuala Namu

6. Posko Siaga Auto2000 Cirebon di Rest Area TRAVOY Km 207A Jalan Tol Palikanci

7. Posko Siaga Auto2000 Lampung di Rest Area Km 49A Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar

8. Posko Siaga Auto2000 Palembang di Pondok Pindang Bu Ijah Jl. Sriwijaya No. 16 Palembang

9. Posko Siaga Auto2000 Denpasar di Jl. Raya Denpasar - Gilimanuk, Lalanglinggah, Kec. Selemadeg Bar, Tabanan.

(rr/Syam) 

Artikel Terkait :

Share : Twitter | Facebook

Kirim Komentar